Langkah dan Tips Sebelum Beli Rumah Pertama

Langkah dan Tips Sebelum Beli Rumah Pertama

Membeli rumah untuk pertama kali tentu akan menjadi hal menyenangkan, namun kamu tetap harus memperhatikan hal-hal kecil yang bisa merusak momen bahagiamu. Beberapa poin disebutkan mungkin terlihat sangat sepele, tetapi bisa sangat berguna jika kamu menjalankannya.

Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum membuat rencana untuk membeli rumah pertama kamu:

1. Membuat daftar “Harus” dan “Mau”

Banyak kejadian dimana seseorang sedang membangun rumah melampaui anggaran yang sudah diperhitungkan. Biasanya ini karena kamu membeli sesuatu atas dasar “Mau dan Ingin” bukan karena memang dibutuhkan. Daftar ini dibuat bertujuan untuk menjadi pengingat saat kamu sedang berbelanja untuk kebutuhan rumah, ini tidak hanya berlaku untuk perabotan rumah namun juga termasuk bahan bangunan.

2. Lakukan Survei Kecil

Survei yang dimaksud adalah kamu harus membuat daftar toko perabotan rumah tangga dan toko material bangunan untuk dijadikan perbandingan mengenai harga dan kualitas produknya. Memang langkah ini sedikit memakan waktu dan terkesan merepotkan, tetapi percayalah ini dapat menghemat anggaran mu.

3. Meminta Bantuan Konsultan Properti

Langkah ini untuk kamu yang ingin membeli rumah di kawasan perumahan. Konsultan Properti sangat dibutuhkan untuk menghindari kamu dari Developer rumah nakal. Konsultan Properti juga akan membantu kamu menjalani proses pengajuan ke Bank jika kamu memilih KPR sebagai metode pembayaran rumah. Mereka juga akan aktif mencari informasi mengenai pengajuan, proses pengurusan surat dan sertifikat, hingga sudah berapa persen proses pembangunan rumah itu sendiri. Namun kamu juga harus berhati-hati memilih Konsultan Properti, carilah yang sudah memiliki reputasi baik dan terpercaya.

4. Sesuaikan dengan Anggaran

Meskipun nampak sederhana namun ini bisa menjadi sangat krusial ketika kamu tidak memperhitungkan hal-hal kecil yang belum kamu ketahui tentang apa saja kemungkinan-kemungkinan biaya tambahan yang harus kamu keluarkan saat ingin membeli rumah. Karena bisa jadi keuangan kamu akan berantakan hanya karena ketidaktahuan kamu.  Ini juga menjadi fungsi lain dari konsultan properti yang sudah berpengalaman. Mereka akan membantumu mencarikan rumah yang benar-benar sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu.

5. Pastikan Tidak Ada Surat atau Bukti Bayar yang Terlewat

Tugas dan fungsi lain dari konsultan properti adalah mengingatkanmu mengenai surat dan bukti bayar apa saja yang harus kamu terima setelah melakukan pembayaran. Bisa dibayangkan bukan jika kamu sudah mengeluarkan banyak uang namun kamu tidak mendapatkan apa-apa?

Itu tadi adalah 5 tips penting yang harus kamu lakukan saat akan membeli rumah pertama kamu. Karena melewatkan salah satunya saja dapat merugikan kamu di masa akan mendatang. Yuk tunggu apalagi pilih rumah impianmu di sini.