Cara Membuat Tidur di Rumah Jadi Lebih Berkualitas

Cara Membuat Tidur di Rumah Jadi Lebih Berkualitas

Manusia menghabiskan sepertiga waktu kita untuk beristirahat, membaringkan badan di atas kasur dan menarik selimut. Tetapi pernahkah kamu merasa tetap lelah meskipun sudah tidur lama? Berikut adalah cara untuk membuat tidur di rumah menjadi lebih berkualitas:

1. Membuat ruangan menjadi lebih redup

Walaupun tidak suka tidur dalam kondisi lampu padam dan merasa segar, kamu akan merasa lebih segar jika tidur dalam minim pencahayaan. Penelitian membuktikan bahwa mata masih bekerja dan sensitif akan cahaya meskipun sudah ditutup. Tenang, gelap tidak selalu menyeramkan kok hihi.

2. Merapihkan semua yang berantakan

Dari segi psikologis, alam bawah sadar tidak akan tenang melihat sesuatu berantakan. Membersihkan tumpukan baju kotor atau sepatu tidak beraturan akan membuat pikiran tidak dalam kondisi rileks dan tenang. Yuk jangan malas membereskan kamar.

3. Hindari membawa handphone atau laptop di tempat tidur

Cahaya biru pada elektronik seperti Hp ataupun Laptop dapat membuat otak bekerja lebih lama bahkan setelah kamu tidak melihatnya. Hal ini juga sangat mengganggu melatonin, yaitu hormon penting mengatur pola tidur dalam tubuh. Jika dirasa penting untuk membuka laptop atau Hp saat ingin tidur, gunakanlah fitur Night Shift seperti pada iPhone atau aplikasi penghilang cahaya biru lainnya pada hp.

4. Pilih lampu tidur yang berwarna hangat

Jika tidak ingin mematikan lampu secara total, bisa juga memakai penerangan lampu tidur dengan warna hangat seperti merah dan kuning.Jika memungkinkan, carilah lampu dengan temperatur warna mulai dari 2700K hingga 4000K saja.

5. Memperbaiki kualitas udara

Saat terbangun, mungkin kamu tidak akan peduli dengan debu mengotori kamar , namun tidak saat terlelap dan sedang bermimpi. Bukan hanya itu, kadar karbondioksida tinggi juga akan membuat kehilangan konsentrasi di pagi harinya. Membersihkan kamar,membuka jendela saat pagi hingga siang hari akan membuat udara di kamar kamu menjadi lebih sehat.

6. Pilih warna cat tembok yang benar

Warna cerah dan berani mungkin cocok untuk dapur, tetapi tidak dengan kamar tidur. Warna berani akan membuat kamu terjaga serta sulit untuk tidur. Gunakanlah warna-warna lembut seperti biru gelap atau abu-abu.

7. Gunakan pewangi yang sesuai

Beberapa aroma terbukti meningkatkan kualitas tidur lho. Contohnya wangi melati, lavender serta vanilla dapat mengurangi insomnia maupun depresi serta mengurangi rasa kantuk di pagi harinya. 

Demikianlah 7 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur di rumah. Percayalah bahwa kualitas tidur baik akan membuat hari-hari jadi lebih bersemangat. Paling penting jangan lupa untuk cari kasur atau tempat tidur nyaman juga ya hihi.