Bingung Pilih Kost atau Kontrakan? Ini Perbedaannya!

Bingung Pilih Kost atau Kontrakan? Ini Perbedaannya!

Kost atau yang sering disebut kos-kosan sering kali disamakan dengan kontrakan, padahal jika kita lihat lebih dalam, terdapat perbedaan yang cukup banyak dari keduanya. Mulai dari pangsa pasarnya hingga fasilitasnya.

Berikut ini beberapa perbedaan Kost atau kos-kosan dengan kontrakan yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Pangsa Pasar

Hal pertama yang sangat terlihat dari keduanya adalah pangsa pasar atau penyewa. Kontrakan biasanya disewa oleh mereka yang sudah berkeluarga karena sifatnya seperti rumah pribadi. Sedangkan kost atau kos-kosan memiliki pangsa pasar ke anak muda yang sedang kuliah atau mereka yang belum berkeluarga. Ini karena luasnya bangunan dan fasilitas yang ada belum bersahabat untuk mereka yang sudah berkeluarga.

2. Furniture (Perabotan)

Hampir semua kost atau kos-kosan sudah dilengkapi dengan perabotan rumah yang sangat dasar seperti kasur dan lemari, bahkan di beberapa tempat sudah disediakan juga meja, kipas angin atau bahkan AC. Berbeda dengan kontrakan yang biasanya disewakan tanpa perabotan rumah tangga sama sekali alias kosong. 

3. Fasilitas Dapur

Ini adalah perbedaan ketiga yang sering ditemui dari keduanya. Kontrakan yang sifatnya seperti rumah pribadi pasti memiliki dapur untuk kebutuhan keluarga. Berbeda dengan kos-kosan yang walaupun memiliki fasilitas dapur, namun harus dipakai bersama dengan penghuni lain dan lokasinya berada di luar kamar.

4. Jam Bertamu

Jam menerima tamu ini juga menjadi perbedaan yang sangat terlihat di antara keduanya. Kontrakan memiliki jam bertamu yang lebih fleksibel karena sifatnya yang sebagai rumah, namun tentu dengan aturan yang sesuai dengan norma agama dan budaya, berbeda dengan kos-kosan yang biasanya memiliki jam bertamu khusus yang sudah diatur oleh masing-masing kost.

5. Pengawasan

Karena sifatnya yang seperti rumah pribadi, orang yang menyewa kontrakan biasanya diwajibkan untuk melapor ke kepala daerah setempat guna masalah kependudukan. Berbeda dengan kos-kosan yang pengawasannya hanya diatur oleh pemilik kost itu sendiri.

Baik kost atau kontrakan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka ada baiknya kamu mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih mana yang lebih sesuai dengan kamu. Semoga artikel di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menentukan pilihan antara Kos-kosan atau Kontrakan ya.