7 Cara Merawat Lantai Kayu Supaya Awet dan Berumur Panjang

7 Cara Merawat Lantai Kayu Supaya Awet dan Berumur Panjang

Penggunaan lantai kayu sedang jadi favorit dalam desain rumah. Warnanya yang natural menjadikannya cocok buat dipadukan menggunakan berbagai desain tempat tinggal. Mulai dari yang minimalis, klasik, hingga kontemporer. Tidak hanya memberikan kesan alami dan estetik, lantai kayu jua menghadirkan perbedaan makna yang hangat serta bersahabat bagi tempat tinggal.

Tidak seperti lantai keramik, kita wajib lebih effort lho buat merawat lantai kayu agar tak cepat rusak dan lapuk. Nah, agar lantai kayu di rumahmu tahan lama dan tampak bagus, ayo ikuti 10 tips merawat lantai kayu berikut:

1. Sapu secara rutin setiap hari

Seperti lantai keramik, lantai kayu jua harus disapu secara rutin. Walaupun pada rumah ada hukum no-shoes, permanen saja debu-debu mampu tiba berasal mana saja. Sapulah lantai kayu setiap hari, apalagi Bila kamu mempunyai hewan peliharaan yg berbulu. Jangan abaikan debu-debu mengendap serta menggumpal di sela-sela lantai.

2. Hindari terlalu lembab

Kelembaban bisa dibilang musuh terbesar kayu, karena itulah mengepel lantai kayu sebenarnya tidak dianjurkan. Mengapa? Pasalnya, genangan air dari kain pel mampu mengendap serta mengakibatkan pelapukan. absolut gak mau kan lantai kayu rumah mu lapuk dan  gak awet? Tidak hanya  itu, lantai kayu yang lembab bisa membentuk lapisannya simpel terkelupas dan  perbedaan tekanan yg drastis. Akibatnya, lantai kayu rumahmu berdecit-decit saat diinjak.

3. Gunakan bahan kimia anti rayap

Tips merawat lantai kayu yg satu ini masih berafiliasi dengan angka yg di atas nih. Khususnya Jika lantai rumahmu terbuat berasal kayu parket. supaya lantai kayu terhindar dari pelapukan sebab lembab, kamu bisa mengakalinya memakai bahan kimia anti rayap. Trik ini bisa engkau  lakukan dengan menyuntikkannya ke beberapa rabat kayunya. menggunakan begini, ketahanan lantai kayu bisa lebih usang, lho!

4. Beri lapisan menggunakan karpet

Tips merawat lantai kayu selanjutnya adalah melapisinya dengan karpet atau permadani. Pilihlah karpet menggunakan alas yang menempel dan tidak licin atau lapisi lagi dengan no-slip area karpet pad. Penggunaan karpet ini untuk menghindari agar lantai kayu tidak gampang tergores.

5. Jangan pindahkan perabotan dengan menggeser

Ketika memindahkan perabotan rumah, lakukanlah dengan hati-hati agar tidak menggores atau merusak bagian atas lantai kayu. Alih-alih digeser, pindahkanlah dengan cara diangkat. Bila mengangkat barang tidak mungkin dilakukan, gunakanlah alat pemindah barang yang sudah banyak dijual di pasaran.

6. Gunakan es buat membersihkan kotoran lengket

Bila ada sesuatu yang menempel, mirip residu makanan yg lengket, cairan lilin, atau permen karet, jangan membersihkan dengan cara mengoreknya. Gunakanlah es untuk membuatnya mengeras lalu kikislah perlahan.

7. Poles lantai

Salah satu cara ampuh agar lantai kayu senantiasa terawat dan  awet merupakan dengan rutin memolesnya. Meski prosesnya relatif rumit, luangkanlah waktumu buat memoles lantai kayu setiap beberapa bulan sekali. Cara ini dilakukan untuk mengisi tabrakan-gesekan pada bagian atas lantai kayu sehingga tampak mulus kembali. Lantai kayu pada rumahmu akan tampak mengkilap seperti sedia kala deh.

Nah Itu tadi adalah 7 tips merawat lantai kayu supaya tidak cepat rusak serta selalu kinclong. Semoga lantai kayu pada rumahmu senantiasa awet serta selalu indah dipandang ya!