5 Pengharum Ruangan Alami dan Cara Membuatnya!

5 Pengharum Ruangan Alami dan Cara Membuatnya!

 

Selain menurunkan mood, mencium aroma yang tak sedap secara berlebih dapat menyebabkan sakit kepala hingga mual. Untuk menghilangkan aroma tersebut biasanya digunakan pengharum ruangan yang beredar di pasaran, tapi dibalik kesegarannya terdapat dampak negatif yang akan mengganggu kesehatan.

Menurut penelitian, pengharum ruangan memiliki kandungan zat adiktif dan pelarut seperti dichlorobenzene yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pada sistem pernapasan. Untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan, maka terdapat alternatif yang bisa kamu lakukan dengan cara memakai bahan alami untuk mengharumkan ruangan.

Dalam artikel ini, grhaproperti akan membagikan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengharumkan ruangan.

Lemon

Buah yang dikenal dengan rasa asam ini bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami, cukup iris lemon menjadi beberapa bagian dan tempatkan di salah satu sudut ruangan yang berbau. Karena menggunakan lemon segar, kamu tetap harus menggantinya sebelum layu.

Kopi

Biji ataupun bubuk kopi adalah salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai pengharum ruangan yang alami, kamu bisa memasukan beberapa biji atau bubuk kedalam wadah kecil dan taruh di tempat berbau tidak sedap. Selain sebagai pengharum alami, biji kopi yang ditaruh pada kantung kecil bisa menjadi dekorasi sebuah ruangan lho.

Kayu Manis

Bahan ini diyakini bisa meningkatkan kinerja otak dan akan membuat kamu menjadi lebih fokus, untuk menjadikannya sebagai pengharum ruangan, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Pertama, kamu bisa membakar kayu manis dengan bantuan dari api lilin. Tempatkan kayu manis di sekeliling lilin, agar kayu manis mengeluarkan aromanya.

  • Kedua, kamu bisa mencampurkan beberapa kayu manis dengan bunga-bunga dan jadikan ke dalam satu wadah.

Serai atau Sereh

Bahan yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan bumbu untuk memasak ini ternyata dapat digunakan sebagai pengharum ruangan, terutama pada bagian batangnya. Untuk membuat pengharum ruangan alami dari serai atau sereh kamu bisa mengeringkan terlebih dahulu, lalu rendam dalam air kemudian air rendamannya dapat digunakan untuk pengharum ruangan. 

Pandan

Bagian yang digunakan untuk pengharum ruangan adalah daunnya. Selain banyaknya manfaat untuk kesehatan tubuh, daun pandan memiliki aroma yang harum dan menggugah selera. Untuk menjadikannya sebagai pengharum ruangan, kamu cukup memotong daun pandan menjadi bagian kecil lalu masukan ke dalam wadah dan menempatkannya di ruangan yang berbau. Daun pandan dapat bertahan selama kurang lebih 3 sampai 1 minggu lho Sobat.

Nah, itu dia beberapa bahan alami yang bisa kamu jadikan sebagai pengharum ruangan alami. Selain lebih aman dan minim risiko, beberapa bahan bahkan memiliki manfaat untuk kesehatan, selamat mencoba ya!

 

Sumber :

https://journal.umy.ac.id/index.php/mm/article/download/2498/2561.

https://www.alodokter.com/potensi-racun-di-balik-kesegaran-pengharum-ruangan#:~:text=Penelitian%20menemukan%20bahwa%20pengharum%20ruangan,gangguan%20paru%2Dparu%20ataupun%20asma.

https://www.brilio.net/wow/10-cara-membuat-pewangi-ruangan-secara-alami-aman-untuk-pernapasan-201111q.html

https://www.popmama.com/life/home-and-living/sittah-husnul-khotimah/pengharum-ruangan-alami-dari-bahan-bahan-dapur

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/berbagai-bahan-alami-untuk-pengharum-ruangan/