5 Inspirasi Lantai Kamar Mandi yang Harus Dicoba

5 Inspirasi Lantai Kamar Mandi yang Harus Dicoba

Ada banyak pilihan ubin lantai untuk kamar mandi. Ubin keramik, porselen dan vinyl adalah ubin yang sering digunakan banyak orang untuk dipilih menjadi lantai kamar mandi. Tetapi sebenarnya ada banyak pilihan lain yang tersedia saat ini.

Sebeleum menentukan pilihan ada baiknya kamu kenali masing-masing lantai kamar mandi yang akan kamu pakai untuk kamar mandi di rumah. Pada artikel kali ini, grhaproperti akan membantu membarikan informasi mengenai beberapa jenis lantai kamar mandi beserta fungsi dan kekurangannya yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk lantai kamar mandi mu.

1. Lantai Vinyl

source: cdn.com

Vinyl adalah jenis lantai yang paling populer digunakan untuk material kamar mandi, karena biayanya relatif murah dan tingkat kepraktisannya yang tinggi. Selain itu banyak yang menjadikan Vinyl sebagai pilihan karena keamanan, kenyamanan serta daya tahan yang bagus. Motif yang beragam juga menjadi alasan kenapa banyak orang memilih bahan ini sebagai lantai kamar mandi.

2. Lantai Porselen

source: floornature.com

Lantai porselen menggunakan tanah liat yang lebih halus daripada yang dipakai untuk lantai keramik sehingga menjadi lebih halus dan mengkilap. Inilah yang membuat lantai jenis ini lebih terlihat mewah dan elegan. Dengan harga yang relatif murah dan banyaknya motif tentu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lantai kamar mandi.

3. Lantai Kaca

source: okezone.com

Lantai Kaca memiliki keunggulan tersendiri, yaitu tahan terhadap noda dan jamur. Lantai jenis ini juga sangat mudah terlihat kotor, sehingga kotoran tidak akan menumpuk banyak karena akan membuat penghuni lebih memperhatikannya. Lantai kamar mandi jenis ini juga termasuk yang sangat mudah dibersihkan.

Lantai kaca tahan terhadap kerusakan bahan kimia dan tidak berpori. Selain tahan terhadap noda, lantai kaca juga memiliki ketahanan yang baik jika diaplikasikan untuk kamar mandi karena tahan terhadap retakan dan juga goresan.

4. Lantai Batu

source: ecooutdoor.com.au

Lantai dari bahan batu juga populer digunakan untuk menjadi lantai kamar mandi atau ruangan lain. Hal ini dikarenakan akan memberikan kesan alam yang menyegarkan namun tetap elegan dan tidak mudah rusak. Bahan baku untuk membuat lantai batu biasanya dari batu kapur, marmer, atau batu granit

Memiliki pilihan warna dan ukuran yang dapat disesuaikan juga menjadi alasan dipilihnya lantai jenis ini menjadi lantai kamar mandi. Dari segi harga, sayangnya lantai batu akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis lantai kamar mandi lainnya. Lantai ini juga membutuhkan lebih banyak perawatan daripada lantai keramik, sangat dianjurkan untuk melakukan pembersihan yang rutin agar awet dan tahan lama.

5. Lantai Linoleum

Lantai Linoleum terbuat dari minyak biji rami, bubuk gabus, batu gaming, dan pigmen. Desain yang tersedia biasanya berkonsep kontemporer atau retro dan sangat cocok untuk kamar mandi. Lantai Linoleum juga memiliki fungsi yang secara alami menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan mampu mengusir debu dan kotoran, sambil mempertahankan warnanya. Desain yang unik serta pemasangan yang mudah tentu membuat lantai linoleum dapat menjadi pilihan untuk kamar mandi kamu.

Itulah beberapa inspirasi lantai kamar mandi beserta fungsi dan kekurangannya yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memilih ubin yang cocok untuk kamar mandi di rumah. Perlu diingat pada saat memilih ubin usahakan untuk menyesuaikan dengan tema rumah atau yang sesuai dengan keinginan kamu ya.